Sunday, October 3, 2010

[Now Playing] Civilization V Diplomatic Victory

Setelah mencoba beberapa strategi, penulis akhirnya berhasil memperoleh Diplomatic Victory pertamanya di Civilization 5 :)

Memang sepertinya untuk mendapatkan Diplomatic Victory di game Civilization terbaru ini nggak segampang memperoleh kemenangan lewat cara lainnya (Domination, Cultural, Technology/Space). Untuk berhasil menang secara diplomasi, kita harus membangun Wonder: United Nation. Kesempatan untuk membangun United Nation ini bisa didapatkan dengan memperoleh teknologi: Globalization yang bisa di-research pada Modern Era. Setelah United Nation selesai dibangun, dalam 10 turn kemudian akan diadakan voting untuk memilih pemimpin United Nation.

8 turn lagi sebelum voting United Nation
Nah, yang jadi masalah adalah bagaimana memenangkan voting ini. Pemain lawan (AI) sudah tentu akan memilih dirinya sendiri dalam voting, kecuali ada hal "ekstrim" yang pernah kita lakukan terhadap Civ tersebut (satu - satunya cara yang diketahui sampai saat ini adalah dengan cara Liberate, yaitu secara singkat: dengan membantu Civ tersebut terbebas ketika mereka dikuasai oleh Civ lain). Kita? Well, udah jelas milih diri sendiri juga dong :p
Jawabannya, ada pada City States.

City State dalam kondisi/status: Allies akan memberikan vote-nya kepada kita. Nah, ada beberapa strategi yang bisa diterapkan guna mendapatkan, sekaligus mempertahankan status Allies terhadap City States ini. Dalam game ini, penulis menerapkan:

Pemilihan Civ dengan bonus yang sesuai
Penulis memilih Greece sebagai Civ yang sangat cocok karena Hellenic League yang merupakan bonus Civ ini sangat sesuai untuk mempertahankan hubungan terhadap City States. Hellenic League mengurangi penurunan Influence terhadap City States sampai separuhnya (50%) dan mengembalikan Influence menjadi 2 kali lebih cepat.

Pemilihan Social Policies
"Investasi" Social Policy pada Patronage akan sangat membantu.

Patronage tree dalam Social Policies
Sebagai contoh di sini adalah Philanthropy yang memberikan 25% Influence tambahan pada saat kita memberikan Gold ke City States.

Gold sebagai cara mudah mendapatkan Influence :p
Secara general, pada permainan ini penulis memfokuskan diri memperbanyak Gold, yang digunakan untuk memberikan "sogokan" :p kepada City States. Fokus tersebut antara lain:
  • riset pada teknologi - teknologi yang berhubungan dengan Commerce ataupun yang menghasilkan Gold dijadikan prioritas.
  • Bangunan ataupun Wonder yang meningkatkan Gold (Market, Bank, dll).
  • fokus kota dan improvement di sekitar kota lebih ke arah Gold (Trading Post).
  • Great Merchant, dan lain - lain.

Nah, dengan memperhatikan beberapa hal tersebut maka dengan mudah kita bisa mempertahankan status Allies dengan hampir semua City States yang ada. Voting yang diperlukan biasanya hampir sama banyaknya dengan jumlah City States. Sebagai contoh dalam map Tiny (4 Civ dengan 8 City State) diperlukan 7 vote untuk menang.

Dalam permainan kali ini penulis akhirnya berhasil mendapatkan vote mutlak karena memperoleh status Allies dengan semua City State (oh, kecuali satu City State yang dihancurkan Civ lawan :p)... anddd:


Oh ya, kalo diperhatikan dari 13 bendera yang keliatan di gambar Diplomatic Victory ini, ada bendera Indonesia lho di sana :p

One... more... turn... :D

No comments:

Post a Comment